Monday, October 19, 2009

SOAL UJIAN ASPEK HUKUM DALAM BISNIS

SOAL ASPEK HUKUM DALAM BISNIS
Dosen oleh: nur hudda elhasani, sh,mm
1. Manfaat apa yang Anda peroleh dari mengetahui aspek hukum dalam bisnis dalam kaitannya dengan pekerjaan Anda? Jelaskan!

2. Jelaskan perbedaan kaidah susila dengan kaidah kesopanan! Unsur-unsur apa saja yang mempengaruhi pembentukan kaidah susila dan kaidah kesopanan?

3. Jelaskan solusi Anda agar pelanggaran dalam Hak Kekayaan Intelektual dapat dikurangi dan jelaskan juga kendala-kendalanya!

4. Unsur-unsur apa saja yang harus ada dalam pengajuan class action?

5. Jelaskan perbedaan antara perikatan dengan perjanjian! Jelaskan juga perbedaan antara akta otentik dengan akta dibawah tangan?

6. Apa perbedaan antara alat bukti dengan barang bukti! Dan apa yang dimaksud dengan saksi ahli?

7. Jelaskan unsur-unsur yang ada dalam proses persidangan perdata!

8. Dalam hukum acara perdata dikenal dengan 7 (tujuh) azas, jelaskan yang dimaksud dengan azas hakim bersifat pasif!

9. Maya mempunyai hutang kepada Marilis sebesar Rp.500.000.000,- dan Maya berkewajiban mengangsur hutangnya selama 20 bulan sebesar Rp.25.000.000,- berikut bunga sebesar 2.75% per bulan. Pada bulan ke 12 ternyata ada keputusan pengadilan yang bersifat tetap yang menyatakan bahwa Maya Pailit. Padahal Maya juga mempunyai beberapa piutang dengan jumlah total sebesar Rp. 2.000.000.000,-
Pertanyaannya: Dapatkah piutang Maya ikut disita sebagai jaminan pelunasan hutangnya?

10. Dikarenakan adanya Force Major Dewi tidak dapat memenuhi prestasinya (wanprestasi) yaitu kewajiban mengirim beras 80 ton kepada Marimbun. Oleh Marimbun hal tersebut di gugat ke Pengadilan Negeri, tetapi oleh Pengadilan gugatan tersebut ditolak.
Pertanyaannya: Alasan apakah Pengadilan Negeri menyatakan gugatan tersebut ditolak?.